Jumat, 19 Februari 2010

pengertian etika profesi menurut saya

ETIKA PROFESI

Secara umum etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos bararti karakter,watak kesusilaan.Etika berkaitan dengan oleh sekelompok orang atau individu yang harus mengetahui tentang perbuatan-perbuatan yang dilakukannya,apakah itu benar atau salah.
Kehadiran organisasi yang berupa kode etik dalam hal ini sangat memerlukan yang namanya martabat serta kehormatan profesi,dengan kata lain untuk menjaga tindakan-tindakan yang tidak diinginkan dalam bermasyarakat seperti berbuat zina,hamil diluar nikah,makar,narkoba,dll.
Sebuah profesi akan dapat dipercaya oleh masyarakat atau dunia industri apabila kesadaran diri kita yang kuat menjunjung tinggi nilai etika profesi kita di dunia industri maupun orang di sekitar kita.
Dapat disimpulkan bahwa etika profesi yaitu batasan-batasan untuk mengatur prilaku kita sebagai manusia secara normatif.Dengan ini kita harus mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Semua ini sangat berpengaruh dengan kita sebagai mahasiswa teknik mesin yang seharusnya mempunyai etika yang baik,baik di dunia industri maupun bermasyarakat.Etika profesi sangat penting karena dapat mencerminkan kepribadian seseorang dalam bersikap.Yang paling ditakutkan prilaku menyimpang atau penyalahgunaan keahlian yang di punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar